Senin, 30 Juni 2014

Indolivestock Expo 2014 at Jakarta Convention Center

Tugas posting wawancara perusahaan di Indolivestock expo 2014 sebagai rangkaian Masa Perkenalan Fakultas (MPF) Meet Cowboy 50


Indolivestock Expo 2014 merupakan event tahunan yang menyelenggarakan semacam pameran mengenai teknologi, edukasi, dan program kewirausaahan dibidang perikanan, kedokteran hewan, dan tentunya peternakan.


Perguruan Tinggi Negeri yang membuka stand di Indolivestock Expo 2014 

1. Fakultas Peternakan Institut Pertanian Bogor

Fakultas Peternakan, Institut Pertanian Bogor yang dikenal sebagai FAPET-IPB, merupakan salah satu fakultas di Institut Pertanian Bogor dengan tugas melaksanakan pendidikan tinggi ilmu peternakan. Sejarah pendiriannya berawal dari pendirian Nederlandsch Indesche Veeartsen School di Bogor sebelum perang dunia ke II. Akan tetapi, selama pendudukan Jepang sekolah ini ditutup. Pada tahun 1946, Menteri Kemakmuran Indonesia, atas nama pemerintah, membuka Perguruan Tinggi Kedokteran Hewan di Bogor yang merupakan pengembangan dari Nederlandsch Indesche Veeartsen School. Pada tahun 1948, Perguruan Tinggi tersebut dirubah namanya menjadi Faculteit voor Diergeneeskunde. Pada saat yang sama, di Bogor telah didirikan Faculteit voor Landbouw Wetenschappen yang terdiri dari dua jurusan yaitu Jurusan Pertanian dan Jurusan Kehutanan.

IPB saat ini sedang meluncurkan program "Menuju Kedaulatan Peternak dengan Konsep SPR-1111". SPR-1111 dibentuk oleh komunitas peternak dalam suatu kawasan pemukiman peternak berskala kecil yang dapat berupa satu dusun atau satu desa atau satu kecamatan. Satu SPR terdiri atas minimal 1000 ekor ternak betina produktif, maksimal 100 ekor ternak pejantan, dan diterapkan 10 strategi utama untuk mencapai 1 visi yaitu peternak berdaulat.

2. Fakultas Peternakan UGM

Kegiatan mahasiswa Fapet UGM di antaranya meneliti teknik pakan yang memanfaatkan jerami untuk pakan ternak, mendalami efek biogas, serta melakukan bina desa. Dalam bina desa UGM melalui 10 UKM menempati desa yang berbeda-beda tiap UKM. dalam pelaksanaannya mahasiswa terjun langsung dan dibimbing oleh beberapa dosen.

3. Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman

Visi dan misiyang dimiliki Fakultas Peternakan Unsoed sangat bagus. Saat ini, produk yang sedang mereka kembangkan diantaranya abon ayam, telur widuri (telur bakar aneka rasa), juga telur yang mengandung omega tinggi.

Perusahaan yang Bergerak di Bidang Peternakan 

1. PT Chiel Jedang

PT Cheil Jedang (CJ) dibangun dalam rangka memenuhi permintaan pasar akan pakan ternak. Pabrik Cheil Jedang memproduksi pakan berkualitas tinggi dengan mengedepankan inovasi terbaru dalam memenuhi permintaan pelanggan.Visi PT Cheil Jedang adalah menciptakan budaya baru untuk kesehatan,kebahagiaan dan gaya hidup yang nyaman.

PT Cheil Jedang juga memiliki misi yaitu berkontribusi pada komunitas global dengan memberikan nilai terbaik kepada pelanggan melalui produk dan pelayanan online. PT Cheil Jedang mengoperasikan 4 perusahaan pakan ternak di Indonesia yaitu : PT CJ Feed Serang, PT CJ Feed Jombang, PT CJ Feed Medan dan PT CJ Feed Lampung.

Produk yang dihasilkan diantaranya adalah Broiler Feed product, Layer and Concentrate Feed product, Breeder Feed product, Shrimp Feed product, New Concept of Doc Super Premium, dan Broiler Chicken Meat Product.

2. Space 2014 (Planet Livestock)

Planet Livestock merupakan pameran yang bertaraf internasional dan profesional untuk semua pelaku industri peternakan sapi (pedaging dan perah), unggas , kelinci, domba, dan kambing. Akan dilaksanakan pada tanggal 16-19 september 2014 di perancis.

3. Balai Inseminasi Buatan (BIB) Lembang

Balai Inseminasi Buatan Lembang didirikan pada tahun 1975 dan diresmikan oleh Menteri Pertanian RI dan Wakil Perdana Menteri Selandia Baru pada tanggal 3 April 1976. Sebagai BIB pertama di Indonesia, diberi mandat pemerintah untuk memproduksi semen beku ternak sapi perah dan sapi potong, dalam rangka memenuhi kebutuhan pelaksanaan Inseminasi Buatan (IB) di Indonesia agar tidak selalu tergantung pada semen beku impor. 

4. PT Gentala Jasma Ayu

Perusahaan yang menyediakan beragam peralatan rumah potong hewan, peralatan yang didistribusikan memenuhi jaminan halal dan higienis, berprinsipkan pada kesejahteraan hewan dan keselamatan pemakai, dapat meningkatkan produksi dan kualitas daging, dapat digunakan untuk jangka panjang, dan dapat dirawat serta dapat diperbaiki oleh mekanik profesional yang terlatih. Peralatan yang diproduksi diantaranya adalah Zip Saw adalah gergaji untuk pembelahan empat karkas dengan penggunaan yang ringan dengan kecepatan tinggi. Electric Brisket SAW 500E, VAC-SAN, Turbo III Air Dehider dan masih banyak lagi.

5.  PT Bintang Jaya Proteina Feedmill

PT Bintang Jaya Proteina Feedmill merupakan salah satu dari bisnis unit Sujaya Grup. Perseroan ini didirikan sesuai dengan Akte Pendirian No.25 tanggal 31 Maret 2011. Pabrik PT Bintang Jaya Proteina Feedmill sekarang ini memiliki 2 pabrik dimana pabrik pertama berada di Singkawang diatas lahan seluas 12,5 hektar. Pabrik kedua berada di Kabupaten Serang di bangun diatas lahan seluas 19,5 hektar.

PT Bintang Jaya Proteina Feedmill menjadi perusahaan penghasil pakan ternak yang kuat, kompetitif dan mandiri baik dalam kancah industri nasional maupun internasional. Mempertahankan dan meningkatkan integritas bisnis, semangat berkompetisi, kesungguhan dan komitmen kerja serta tanggung jawab profesional bagi seluruh pelanggan perusahaan tanpa terkecuali. Mengoptimalkan benefit bagi seluruh Stakeholders and shareholders agar dapat tercipta nilai perusahaan yang maksimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar